Wow Indah Sekali !!....Inilah 5 Tanaman Yang Biasa Ada Di Taman Dan Fungsinya

Wow Indah Sekali !!....Inilah 5 Tanaman Yang Biasa Ada Di Taman Dan Fungsinya
Wow Indah Sekali !!....Inilah 5 Tanaman Yang Biasa Ada Di Taman Dan Fungsinya

Layaknya mode pakaian, trend mode tanaman penghias taman pun selalu bergeser dari tahun ke tahun. Kalau beberapa tahun yang lalu pinang merah menjadi simbol status pemiliknya, maka kini pinang merah menjadi sangat mudah dijumpai di mana saja dengan harga relatif rendah.
Sebaliknya tanaman-tanaman yang dulu hanya tumbuh liar di kampung-kampung, hutan dan pantai menjadi rebutan konsumen tanaman hias dengan harga berlipat mulai puluhan ribu sampai jutaan rupiah. Berikut adalah beberapa tanaman eksklusif yang pernah dan masih menjadi trend tanaman penghias taman.
1. Asam Jawa


Nama Latin : Tamarindus Indica
Nama Lain : Tamarind
Family : Leguminosae
Keterangan dan Sejarah : Semula pohon ini banyak ditanam sebagai pohon penghijauan di sepanjang jalan. Mempunyai karakter batang yang kuat dan sering dijadikan bahan bonsai. Saat ini tanaman tropis Afrika ini mulai populer sebagai tanaman penghias taman. Tinggi dapat mencapai 25 m. Buah polongnya berwarna cokelat sepanjang rata-rata 10 cm, dengan daging buah yang rasanya masam. Daunnya kecil-kecil, panjang 2 cm, berbunga kuning pucat berukuran 2 cm dengan garis merah.
Kegunaan (Fungsi) : Dengan bonggol yang artistik ditunjang bentuk yang rimbunnya daun, tanaman ini dapat ditanam pada sisi dinding semen berelief alami atau di pinggir kolam di antara batu-batu alam.
2. Bambu Jepang


Nama Latin : Chimonobambusa quadrangularis
Nama Lain : Japanese Bamboo, Bambu Cina
Famili : Gramineae
Keterangan dan Sejarah : Bambu ini berasal dari Cina dan Jepang. Dapat tumbuh tinggi mencapai 10 m. Daunnya berukuran 5 – 15 cm dan lebar 2 cm, berwarna hijau dengan urat-urat daun yang sejajar. Daun-daun tumbuh memancar membentuk tajuk yang padat, bercabang rapat serta menjuntai panjang. Batangnya berwarna tembaga setebal sekitar 2 cm.
Kegunaan (Fungsi) : Bambu yang rimbun ini sering dijadikan screen pada dinding tembok yang tinggi. Selain itu ia dapat ditanam di pagar yang berfungsi sebagai pembatas. Bambu cantik ini juga dapat ditanam di antara batu-batuan di pinggir kolam.
3. Beringin




Nama Latin : Ficus benjamina
Nama Lain : Weeping fig
Famili : Moraceae
Keterangan dan Sejarah : Tanaman tropis ini tumbuh besar, tingginya mencapai 7 – 8 m, dan semakin tua tajuknya semakin lebar. Daun-daun berwarna hijau mengkilap, berbentuk oval, panjang 8 – 10 cm. Tanamaan menghasilkan akar-akar udara yang menggantung dari dahan-dahannya. Ia tumbuh baik pada kondisi kering, tanah berdrainase baik, dan mendapat cahaya matahari penuh.
Kegunaan (Fungsi) : beringin yang di alam bisa tumbuh besar ini, sering digunakan sebagai elemen tanam dalam bentuk bonggol. Beringin bonggol tampak artistik, dan cocok ditanam tunggal sehingga keindahannya lebih menonjol. Ia sering digunakan pada taman-taman bergaya Jepang.
4. Bugenvil

Nama Latin : Bougainvillea glabra
Nama Lain : Bunga Kertas
Famili : Nyctaginaceae
Keterangan dan Sejarah  : Bila sedang berbunga, tanaman tropis dari Brazil ini bagai karangan bunga yang ditanam di tanah. Tajuknya akan penuh oleh bunga berwarna-warna, tergantung varietasnya. Kelopak bunga terdiri atas 3 lembar daun pelindung yang umumnya berwarna keunguan sampai pink atau putih.
Kegunaan (Fungsi) : Bunga-bunganya yang cerah dan “ramai” akan memberikan variasi yang lain pada taman bila ditanam di antara hijaunya dedaunan, ditambah oleh bonggol yang menarik. Dapat ditanam di pinggir kolam atau di antara tanaman pangkas-pangkasan lainnya. Bila ditanam di antara border di sisi jalan masuk akan memberi kesan lembut dan “menyambut”.
5. Cemara Udang / Cemara Laut


Nama Latin : Casuarina equisetifolia
Nama Lain : Australian pine, Horsetail tree
Famili : Casuarinaceae

Keterangan dan Sejarah  : Cemara ini populer sebagai bahan bonsai. Banyak tumbuh di daerah pantai dan memiliki batang yang artistik. Mungkin karena batangnya yang besar dan pendek berbenjol-benjol itulah ia disebut cemara udang. Daunnya seperti kawat dan berduri, berwarna hijau keabu-abuan. Cemara udang banyak didatangkan dari Pulau Madura.
Kegunaan : Lekuk dan warna batang yang hitam serta susunan daunnya memberikan komposisi yang menawan, sehingga sangat pas sebagai salah satu elemen taman bergaya Jepang. Biasanya ia ditanam di antara bukit-bukit taman berumput maupun pada taman batu. Agar keindahannya terlihat utuh, cemara udang ditanam tunggal atau beberapa pohon secara tersendiri.

Baca juga Allahu Akbar inilah sebagian kecil dari tanda-tanda kebesaran Alloh



Semoga bermanfaat 



Sumber : http://www.ngasih.com/2015/03/28/29-jenis-tanaman-yang-biasa-ada-di-taman-dan-fungsinya/2/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Khasiat 100 Tanaman Obat Keluarga (Toga) Bagi Kesehatan (bag. 1)

Inilah Princess Aurora, Kucing Tercantik Sang Primadona Dunia !!! Yuk Lihat...

8 Tanaman Obat dan Khasiatnya untuk Kesehatan